Call Center
TOP SALES - ACETYLENE (C2H2)
Jual Gas Helium, Jual Gas Nitrogen, Jual Gas Hydrogen, Jual Gas Argon, Jual Gas Acetylene, Jual Gas Carbon Dioxide, Jual Gas Oxygen...
News
12 September 2012
Liquid Argon (Ar)
Liquid Argon (Ar) detail

11 September 2012
Udara Tekan / UT (Compressed Air)
Udara Tekan / UT (Compressed Air) detail

11 September 2012
Kegunaan Liquid Oxygen (O2)
Liquid Oxygen (O2) detail

10 September 2012
Kegunaan dan Aplikasi Liquid Nitrogen (N2)
Liquid Nitrogen (N2) detail

» index berita
Others
Others
News

Produk Gas Nitrogen (N2) & Kegunaannya

31 Agustus 2012

Nitogen

(Sumber: Wikipedia.org)

Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya.

Nitrogen mengisi 78,08 persen atmosfer Bumi dan terdapat dalam banyak jaringan hidup. Zat lemas membentuk banyak senyawa penting sepertiasam aminoamoniakasam nitrat, dan sianida.

Sifat-sifat penting

Nitrogen adalah zat non logam, dengan elektronegatifitas 3.0. Mempunyai 5 elektron di kulit terluarnya. Ikatan rangkap tiga dalam molekul gas nitrogen (N2) adalah yang terkuat. Nitrogen mengembun pada suhu 77K (-196oC) pada tekanan atmosfer dan membeku pada suhu 63K (-210oC).

Sejarah

Nitrogen (Latin nitrumBahasa Yunani Nitron berarti "soda asli", "gen", "pembentukan") secara resmi ditemukan oleh Daniel Rutherford pada 1772, yang menyebutnya udara beracun atau udara tetap. Pengetahuan bahwa terdapat pecahan udara yang tidak membantu dalam pembakaran telah diketahui oleh ahli kimia sejak akhir abad ke-18 lagi. Nitrogen juga dikaji pada masa yang lebih kurang sama oleh Carl Wilhelm ScheeleHenry Cavendish, dan Joseph Priestley, yang menyebutnya sebagai udara terbakar atau udara telah flogistat. Gas nitrogen adalah cukup lemas sehingga dinamakan oleh Antoine Lavoisier sebagai azote, daripada perkataan Yunani αζωτος yang bermaksud "tak bernyawa". Istilah tersebut telah menjadi nama kepada nitrogen dalam perkataan Perancis dan kemudiannya berkembang ke bahasa-bahasa lain.

Senyawa nitrogen diketahui sejak Zaman Pertengahan EropaAhli alkimia mengetahui asam nitrat sebagai aqua fortis. Campuran asam hidroklorikdan asam nitrat dinamakan akua regia, yang diakui karena kemampuannya untuk melarutkan emas. Kegunaan senyawa nitrogen dalam bidang pertanian dan perusahaan pada awalnya ialah dalam bentuk kalium nitrat,terutama dalam penghasilan serbuk peledak (garam mesiu), dan kemudiannya, sebagai baja dan juga stok makanan ternak kimia.

Senyawa

Hidrida utama nitrogen ialah amonia (NH3) walaupun hidrazina (N2H4) juga banyak ditemukan. Amonia bersifat basa dan terlarut sebagian dalamair membentuk ion ammonium (NH4+). Amonia cair sebenarnya sedikit amfiprotik dan membentuk ion ammonium dan amida (NH2-); keduanya dikenal sebagai garam amida dan nitrida (N3-), tetapi terurai dalam air.

Gugus bebas amonia dengan atom hidrogen tunggal atau ganda dinamakan amina. Rantai, cincin atau struktur hidrida nitrogen yang lebih besar juga diketahui tetapi tak stabil.

Peranan biologi

Nitrogen merupakan unsur kunci dalam asam amino dan asam nukleat, dan ini menjadikan nitrogen penting bagi semua kehidupan. Proteindisusun dari asam-asam amino, sementara asam nukleat menjadi salah satu komponen pembentuk DNA dan RNA.

Polong-polongan, seperti kedelai, mampu menangkap nitrogen secara langsung dari atmosfer karena bersimbiosis dengan bakteri bintil akar.

Nitrogen dalam perindustrian

Peranan nitrogen dalam perindustrian relatif besar dan industri yang menggunakan unsur dasar nitrogen sebagai bahan baku utamanya disebut pula sebagai industri nitrogen. Nitrogen yang berasal dari udara merupakan komponen utama dalam pembuatan pupuk dan telah banyak membantu intensifikasi produksi bahan makanan di seluruh dunia. Pengembangan proses fiksasi nitrogen telah berhasil memperjelas berbagai asas proses kimia dan proses tekanan tinggi serta telah menyumbang banyak perkembangan di bidang teknik kimia.

Sebelum adanya proses fiksasi (pengikatan) nitrogen secara sintetik, sumber utama nitogen untuk keperluan pertanian hanyalah bahan limbah dan kotoran hewan, hasil dekomposisi dari bahan-bahan tersebut serta amonium sulfat yang didapatkan dari hasil sampingan pembuatan kokas daribatubara. Bahan-bahan seperti ini tidak mudah ditangani belum lagi jumlahnya yang tidak mencukupi semua kebutuhan yang diperlukan.

Salpeter Chilisalpeter dari air kencing hewan dan manusia, dan amonia yang dikumpulkan dari pembuatan kokas menjadi penting belakangan ini tetapi akhirnya disisihkan lagi oleh amonia sintetik dan nitrat. Amonia merupakan bahan dasar bagi pembuatan hampir semua jenis produk yang memakai nitrogen.

Untuk pemesanan produk-produk gas dari CV. USAHA MULIA PERTAMA seperti HELIUM (He) OXYGEN (O2)NITROGEN (N2)ARGON (Ar) CARBON DIOXIDE (CO2), dan HIDROGEN (H2) segera HUBUNGI atau klik DISINI.

Untuk pemesanan produk-produk GAS SPESIAL  dari CV. USAHA MULIA PERTAMA seperti ACETYLENE (C2H2)-HP,   ARGON (Ar) - HP & UHP,  CARBON DIOXIDE (CO2) - HP& UHP,  HELIUM (He) - HP & UHP,  HYDROGEN (H2) - HP & UHP,  NITROGEN (N2)- HP & UHPOXYGEN (O2) - HP & UHPsegera HUBUNGI atau klik DISINI.

 








Baca juga
  » 12 September 2012
Liquid Argon (Ar)
Liquid Argon (Ar)

  » 11 September 2012
Udara Tekan / UT (Compressed Air)
Udara Tekan / UT (Compressed Air)

  » 11 September 2012
Kegunaan Liquid Oxygen (O2)
Liquid Oxygen (O2)

  » 10 September 2012
Kegunaan dan Aplikasi Liquid Nitrogen (N2)
Liquid Nitrogen (N2)

  » 6 September 2012
Apakah Perbedaan Oxygen (O2) Medis dan Industri?
Oksigen Medis (O2)

Product Scroller
Information
1 user sedang online
Anda pengunjung ke-589,863
Others
Search
Search:
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.  
Others

© 2014  CV. Usaha Mulia Pertama

Jl. Kp. Kepuh No. 111, Pondok Ungu Permai, Bekasi, Jawa Barat

Telp. (021) 88868350, 88978079 Fax. (021) 88984811


Toko Online